Wednesday, March 16, 2016

contoh laporan tugas akhir diklat berjenjang tingkat dasar ( E-Training )




Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Untuk Guru PAUD
Berikut adalah contoh laporan E-Training Digital Training Sistem (DTS)
Download Laporan E-Training format .Docx disini 
Donload Laporan DIKLAT E-Training format Docx disini













SUNARMI






NAMA TRAINING PROVIDER                  : PPAUDNI REGIONAL II    

   SEMARANG

ALAMAT PROVIDER                                  : JL. Diponegoro 250 Ungaran

             Semarang

TANGGAL PELAKSANAAN DIKLAT       : 20 September .s.d

  20 Oktober 2015

TANGGAL PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI : 8 Nopember s.d.

  6 Desember 2015

TEMPAT PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI :  PAUD Amanah Bunda

ALAMAT TEMPAT TUGAS MANDIRI  : Jln. Merpati No. 32 Wonoharjo

                                                                        Bumi Agung, Way Kanan




KATA PENGANTAR

            Dengan mengucap Allhamdulillah  saya bersyukur kepada Allah SWT, karena atas berkat, rahmat, dan anugrahnya saya dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi pendidik PAUD.

            Tugas ini saya susun sebagai laporan bahwa saya telah mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi pendidik PAUD ini,

            Tugas ini dapat terselesaikan tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan berbagai pihak. Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1.    Ibu Dra.Budi Sri Hastuti M.Pd selaku kepala seksi FS DM PP-PAUDNI REGIONAL II SEMARANG yang telah menyelenggarakan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi pendidik PAUD.

2.    Ibu Catri Marintias,S.P selaku petugas lapangan / pendamping, pelaksana / Himpaudi Kabupaten Way kanan.

3.    Ibu Sulistiyani selaku kepala PAUD AMANAH BUNDA

4.    Dan teman-teman serta semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini.

Akhirnya saya berharap mudah-mudahan tugas ini bisa bermanfaat bagi saya khususnya dan umumnya bagi para pendidik paud.

                                                                            Wonoharjo, 04 Desember 2015

                                                                                                       Penulis





    SUNARMI




DAFTAR ISI



Halaman Judul....................................................................................

Kata Pengantar...................................................................................

Daftar Isi.............................................................................................          

Lembar pengesahan …………………………………………………….

Bab I       Pendahuluan........................................................................

1.    Latar Belakang.........................................................................

2.    Dasar Hukum...........................................................................

3.    Tujuan......................................................................................

4.    Manfaat....................................................................................

Bab II      Pelaksana............................................................................

1.    Waktu.......................................................................................

2.    Tempat.....................................................................................

Bab III      Kegiatan Yang Dilaksanakan Tiap Hari..............................

1.    Jadwal Kegiatan......................................................................

2.    Uraian Kegiatan.......................................................................

3.    Hasil Yang Diperoleh..............................................................

Bab IV     Permasalaha Dan Pemecahan...........................................

1.    Permasalahan..........................................................................

2.    Pemecahan..............................................................................

Bab V       Penutup.............................................................................

1.    Kesimpulan...............................................................................

2.    Saran.......................................................................................



LAMPIRAN-LAMPIRAN :

-       Rancangan kegiatan  main ( 5 kali pertemuan ) dilengkapi dengan  instrumen penilaian.

-       Laporan program layanan kesehatan lembaga.


LEMBAR PENGESAHAN





LAPORAN TUGAS MANDIRI

DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR BAGI PENDIDIK PAUD



Disusun Oleh:



SUNARMI



Diajukan Sebagai Persyaratan Kelulusan

Diklat Berjenjang Tingkat Dasar







                                                                            Wonoharjo, 04 Desember 2015

              Disetujui

Petugas Lapangan/ Pendamping.                               Disetujui Pendamping





       CATRI MARINTIAS,S.P.                                  SULISTIYANI

          Pelaksana/Himpaudi.                                                 Kepala PAUD



Mengetahui,

Kepala seksi FSDM

PP-PAUDNI REGIONAL II SEMARANG







Dra.Budi Sri Hastuti.M.Pd.

Nip.196510301993032002


BAB I

PENDAHULUAN



1.    Latar belakang pembuatan laporan

Pendidikan anak usia dini, merupakan pendidikan yang berkesinambungan antara keluarga, sekolah dan lingkungan. Untuk menyelarasikan kebutuhan ini perlu adanya kerja sama dalam mendidik anak antara orang tua , lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Pendidik yang professional mempunyai tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Untuk melaksanakan tugasnya secara professional, seorang pendidik Paud harus menguasai kompetensi yang dipersaratkan. Dan sebagai penerus bangsa mereka memerlukan pembinaan dan pengembangan yang optimal  yang harus dilakukan sejak dini.

Laporan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Pendidik Paud ini saya buat sebagai salah satu persaratan kelulusan bagi peserta E- Training.



2.    Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Undang-Undang  No 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Undang-Undang  No 20 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
  4. Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia   Dini.
  5.  Peraturan pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  6. Peraturan Pemerintah  No 16 tahun 2007 tentang Kualifikasi Standar Pendidik.



3.    Tujuan Mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Pendidik Paud

a.    Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pendidik dalam melaksanakan proses pengembanngan pembeajaran

b.    Untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pendidik dalam proses pengembangan pembelajaran

c.    Agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran melalui bermain yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan anak

d.    Agar pendidik memiliki kemampuan  dalam menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran

e.    Agar pendidik dapat merancang teknik-teknik penilaian dalampembelajaran



4.    Manfaat mengikuti  Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Pendidik Paud

a.    Pendidik dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinyna sendiri dalam melaksanakan proses pengembangan pembelajaran

b.    Pendidik dapat mempersiapkan pembelajaran, termasuk mengenali karakteristik dan kebutuhan belajar peserta ddik

c.    Pendidik terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajran yang dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya




BAB II PELAKSANAAN



1.    Waktu       

  • Pelaksanaan diklat dimulai dari tanggal 20 September 2015 sampai dengan 20 Oktober 2015
  •  Pelaksanaan ujian dari tanggal 2 sampai dengan 4 November 2015
  • Pelaksanaan tugas mandiri dimulai dari tanggal 8 November 2015 sampai dengan tanggal 6 Desember 2015



2.    Tempat         

  • pelaksanaan diklat bertempat di gedung darma wanita kabupaten way kanan.
  •  pelaksanaan ujian bertempat di Ar Ridho Blambangan Umpu Way Kanan.










BAB III KEGIATAN YANG DILAKSANAKAN SETIAP HARI



1.    Jadwal Kegiatan               

Jadwal Kegiatan Tugas Mandiri Diklat Tingkat Dasar  sebagai berikut :

a.   Hari ke 1 – 6 peserta diklat dasar melakukan observasi

b.   Hari ke 7 – 11 peserta diklat dasar menyusun rencana 

       pembelajaran

c.   Hari ke 12 – 17 peserta diklat dasar melakukan kegiatan pembelajaran di lembaga tempat melaksanakan tugas mandiri

d.    Hari ke 18 – 24 peserta diklat dasar melakukan diskusi umum,

        evaluasi dan perbaikan tugas mandiri

e.    Hari ke 25 penyerahan tugas mandiri



2.    Uraian Kegiatan    

    Tugas mandiri diri di laksanakan di PAUD AMANAH BUNDA Kampung wonoharjo kec. Bumi Agung,  kab.Way kanan.      

1.      Penataan Tempat Main

Guru bertanggung jawab dalam mengatur tempat main anak, hal  yang perlu dilakukan adalah:

a.  Menyiapkan dan menata bahan, alat main sesuai dengan rencana dan jadwal kegiatan hari itu

b.  Penataan alat main harus mencerminkan rencana pembelajaran yang sudah dibuat.

c.  Penataan alat dan tempat main dilakukan setelah anak anak  

     pulang atau sebelum anak anak datang



2.     Penyambutan Kedatangan anak

Saat anak datang guru menyambut murid dengan senyum dan memposisikan diri sejajar dengan anak sehingga guru jongkok. Kemudian anak diarahkan untuk bermain bebas smbil menunggu kegiatan dimulai

3.       Main Pembukaan dan ikrar bersama

Guru mengajak semua anak untuk berbaris dengan memegang pundak teman lalu menyebutkan kegiatan pembuka yang akan dilakukan. Kegiatan pembuka bisa kegiatan permainan tradisional, gerak dan lagu, senam dan sebagainya. Agar anak tidak bosan sebaiknya permainan dibuat berganti-ganti. Jenis permainan juga bisa dikaitkan dengan tema dan rencana kegiatan harian.



4.      Transisi Menuju Kelompok

Setelah selesai main pembuka bersama guru, anak anak diajak untuk antri bersih bersih diri.



5.     Pijakan Sebelum Main

Guru duduk bersama anak dalam posisi melingkar. Guru memberi salam pada anak anak, menanyakan kabar anak-anak. Anak – anak diminta memperhatikan sekeliling dan menyebutkan nama nama temannya yang tidak hadir, dalam hal ini kita katakan yang belum datang.

Secara bergiliran anak diminta untuk memimpin do’a, setelah itu guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dimainkan pada hari tersebut. Penyampaian cerita disesuaikan dengan tema. Dan berkaitan dengan kegiatan main yang akan dilakukan anak.

Dalam hal ini guru harus mengaitkan kemampuan apa yang diharapkan muncul pada anak, sezuai dengan rencana kegiatan pembelajaran yang telah disusun. Guru menjadi fasilitator dalam aturan main. Sebab aturan main yang membuat adalah anak anak sendiri. Aturan main harus berkaitan dengan teman main, memilih mainan, cara menggunakan mainan, kapan memulai main dan mengakhiri main dan aturan untuk membereskan semua mainan kembali rapi ditempatnya.

Setelah anak siap untuk main, guru mempersilakan anak untuk mulai bermain dengan bergiliran dalam kesempatan bermainnya sesuai dengan densitas atau macam mainan yang disediakan.



6.    Pijakan Saat Main

A. Beri anak cukup waktu untuk main agar gagasan main tuntas dilakukan. Waktu yang diperlukan anak untuk menyelesaikan gagasannya sekitar 40 – 60 menit.

B. Saat anak asyik bermain, guru berkeliling untuk memantau kegiatan anak. Memberi contoh atau bantuan pada anak yang belum bisa menggunakan bahan atau alat.

C. Berikan pujian pada pekerjaan yang disukai. Pancing gagasan anak dengan pertanyaan.

D. Catat kegiatan yang dilakukan anak ( jenis main dan tahapan yang dicapai ) kumpulkan hasil kerja anak dengan nama dan tanggalnya dilembar kerja anak.

E.  Bila waktu tinggal 5 menit, beri tahu anak anak untuk bersiap siap menyudahi kegiatan mainnya.



7.    Waktu Beres – beres

Anak – anak ajak membereskan mainan dengan menempatkan alat main pada tempatnya. Saat beres-beres bisa dilakukan sambil bernyanyi lagu beres beres atau lagu lainnya. Bila anak belum terbiasa membereskan mainan, guru dapat membuat mainan yang menarik. Sehingga anak dapat mengelompokkan alat main sesuai dengan tempatnya.

Setelah beres-beres persilakan anak anak untuk membersihkan diri, cuci tangan dengan antri.







8.   Makan Bekal Bersama

Makan bekal bersama merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Anak anak boleh membawa makanan ringan dari rumah. Sebelum makan bersama guru mengecek makanan apakah ada anak yang mau memberi makanan tanyakan siapa yang mau memberi makanan pada teman. Kegiatan ini merupakan cara awal mengenalkan konsep berbagi .

Guru memberi tahu jenis makanan sehat dan yang tidak sehat. Membiasakan tata cara makan yang baik. Libatkan anak untuk membereskan bekas makanan dan membuang bungkus ketempat sampah.



  1. Pijakan Setelah Main

Bila anak sudah rapi mereka diminta untuk melingkar bersama guru. Guru bertanya pada setiap anak secara bergiliran, tentang kegiatan main yang telah dilakukan. Menanyakan kembali untuk melatih daya ingat anak, menambah kosa kata dan berbicara secara runtut sesuai pengalaman mainnya .

Jika anak yang pendiam mengalami hambatan dalam bicara, berilah kesempatan yang lebih banyak, untuk berbicara dan bertanya.



  1. Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup ini guru dapat mengajak anak bernyanyi selain itu guru juga menyampaikan rencana kegiatan lain esok dan menganjurkan ank untuk melanjutkkan permainan yang sama dirumah.guru meminta anak secara bergiliran saat pulang bisa dilakukan dengan mengeja namanya satu persatu.









A.   Hasil Yang Diperoleh

  1. Memperdalam pengetahuan peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang telah didapat pada saat Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

2.  Mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan peserta tugas mandiri sesuai dengan materi Diklat yang diperoleh dari Diklat berjenjang Tingkat Dasar.

3.  Meningkatkan kompetensi peserta Diklat berjenjang tingkat dasar dalam menyelesaikan masalah dan kendala. Berdasarkan pengalaman yang ditemukan dilembaga tempat tugas mandiri dilaksanakan.

4.  Meningkatkan kualitas pendidik dan menyelaraskan sikap perilaku pendidik anak usia dini.

5.  Menambah pengetahuan peserta tugas mandiri dalam hal keterampilan menulis dan menyusun laporan kegiatan.






BAB IV

PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN



1.    Permasalahan

a.    Dalam satukelas daya tangkap anak berbeda- beda

b.    Saya serring ada kegiatan diluar, sehingga waktu saya untuk anak-anak jadi kurang

c.    Banyak wali murid yang protes kalau saya tidak masuk kelas



2.    Pemecahan

a.    Saya harus mengelompokan anak sesuai dengan tingkat kecerdasan anak masing-masing tetapi mereka tetap mendapatkan pelayanan yang sama

b.    Kalau kegiatan di luar dapat diwakilkan, maka saya akan mewakilkanya kepada guru yang lain

c.    Semaksimal mungkin saya akan berusaha memenuhi keinginan mereka , karena saya harus melaksanakan amanah yang mereka titpkan kepada saya






BAB V

PENUTUP



1.    Kesimpulan

Dengan diadakanya E- Training ini mudah-mudahan para pendidik paud khususnya saya, akan menjadi lebih baik lagi dalam melaksanakan proses pengembangan pembelajran. Dalam menyusun perencanaan kegiatan pembelajaran pendidik harus memahami dan memperhatikan prinsip-prinsip belajar pada anak usia dini. Alat media atau yang digunakan strategi atau metode yang akan digunakan untuk mengukur perkembangan anak.



2.    Saran

Suatu program yang terencana dengan baik, akan menuntun pelaksanaan program (pendidik/ guru) dalam melaksanakan bimbingan akan lebih baik lagi. Tetapi perencanaan program yang telah disusun dengan baik tidak akan berarti apapun jika tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.













 

Artikel Terkait

No comments: