RKH


Contoh pembuatan RKH Paud tahun2016


Lampiran 9.b
RENCANA KEGIATAN HARIAN
(RKH)

            Tema                          : Tanaman
Sub Tema                  : Tanaman Produksi ( Kelapa Sawit )
Kelompok Usia         : 4-5 Tahun
Sentra                                    : seni
Hari Tanggal             : Jum’at, 12 Agustus 2016

INDIKATOR
1.    Nilai Agama dan Moral
a.    Membiasakan diri berperilaku baik kepada guru juga teman
2.    Fisik motorik
1.    Motorik kasar
a.    Melempar buah sawit secara tepat kedalam keranjang
2.    Motorik halus
a.    Membuat tulisan S A W I T dengn buah kelapa sawit
3.    Kognitif
a.    Mengenal pohon sawit ( buah, batang, daun dan duri)
b.    Mengetahui apayang dihasilkan pohon kelapa sawit
4.    Bahasa
a.    Menjawab pertanyaan sederhana
5.    Social emosional
a.    Menjaga dirisendiri dari lingkunganya, (missal berhati-hati dengan pohon sawit karena durinya sangat tajam)
6.    Seni
a.    Bermain kata/ huruf dengan buah sawit


KEGIATAN
1.    Pijakan lingkungan main
a.    Pilihan main
Ø  Mendongeng dikebun sawit
Ø  Menjelaskan tentang kelapa sawit yang bisa menghasilkan minyak sayur dan jamur
Ø  Membuat bakwan jamur dan menggorengnya dengan buah sawit
b.    Alat main
Ø  Pohon sawit
Ø  Minyak sayur ,jamur sawit
Ø  Bahan bakwan dan penggorengan

2.    Kegiatan pembukaan diluar (persiapan)                                    (30 menit)
a.    Baris didepan kelas
b.    Mengucap yel-yel
c.    Bercerita mau kekebun sawit
d.    Toileting
e.    Antri menuju sentra

3.    Pijakan sebelum main                                                                   (30 menit)
a.    Membuat lingkaran di dalam sentra
b.    Mengucap salam
c.    Berdo’a sebelum belajar
d.    Mengabsen
e.    Membuat aturan main
4.    Pijakan Saat Main                                                                         (60 menit)
a.    Melihat kegiatan main anak
b.    Membantu anak yang kesulitan
c.    Mencatat kegiatan main yang dilakukan anak
d.    Mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan anak
5.    Pijakan Setelah Main                                                                    (30 menit)
a.    Membereskan mainan sesuai tempat dan ukurannya
b.    Istirahat, cuci tangan
c.    Berdoa sebelum dan sesudah makan
d.    Bermain bebas
e.    Masuk kelas membentuk lingkaran
f.     Menghubungkan kegiatan yang akan datang
g.    Berdoa sesudah belajar
h.    Mengucap salam, pulang.
PENILAIAN
1.    Observasi
2.    Checlist
3.    Evensampling
4.    Catatan Anekdot
Aspek yang dinilai:
1.    Anak mengerti kalau puhon sawit adalah tanaman yang menghasilkan minyak sayur (buah)  dan sisa tandanya yang sudah busuk bisa menghasilkan jamur
2.    Anak dapat merasakan rasanya makanan yang dihasilkan dari sisa tandan buah sawit yang sudah busuk
3.    Anak bisa merasakan langsung dan memahami ternyata minyak yang kita makan setiap hari berasal dari buah kelapa sawit.
Nuar Maju, 12Agustus 2016
    Mengetahui
 Kepala sekolah                                                    Guru Sentra Alam

No comments: