,
Contoh Laporan DIKLAT E-Training Tingkat Lanjut.
Donload contoh evaluasi di sini
Contoh Laporan DIKLAT E-Training Tingkat Lanjut.
Donload contoh evaluasi di sini
KATA
PENGANTAR
Bismillahirohmanirrohim
Dengan
mengucap Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah Swt, karena atas berkat,
rahmat dan anugerahnya saya dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri diklat
berjenjang lanjut ini.
Tugas
ini saya susun sebagai salah satu persyaratan kelulusan dalam mengikuti diklat
berjenjang tingkat lanjut yang telah di adakan di wisma Al furqon Bandar
Lampung.
Tugas
ini dapat terselesaikan tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan berbagai
pihak.
Oleh
karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.
Ibu Aseptina M.pd.i
selaku ketua IGTKI-PGRI Provinsi Lampung beserta seluruh panitia yang telah
menyenggarakan diklat Pelatihan Calon Pelatihan (PCP) tingkat lanjut ini.
2.
Ibu Sumini S.pd AUD
selaku ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Waykanan yang telah mengirim saya untuk
mengikuti diklat ini.
3.
Ibu Saro’ah Spd.i
selaku ketua IGTKI PGRI Kecamatan
Blambangan Umpu
4.
Dan semua teman-teman
serta semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini.
Tugas
laporan mandiri ini sudah saya susun dengan kemampuan saya yang maksimal. tapi
tentunya masih banyak sekali kekurangannya.
Oleh
karena itu saya mengharapkan kritik dan saran-saran yang sifatnya membangun.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat buat kita semua khususnya buat para pendidik
Paud.
PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Usia dini merupakan masa emas
perkembangan, pada masa itu terjadi lonjakan luar biasa pada perkembangan anak.
Pendidikan merupakan usaha yang terencana untuk membenuk perkembangan potensi
dan kemampuan anak.
Oleh sebab itu saya sangat senang bahkan
sangat setuju sekali dengan di adakannya diklat PCP ini maka mereka yang sudah
di latih, nantinya akan melatih lagi para pendidik-pendidik paud yang ada di
bawahnya. Dengan begitu maka akan ada peningkatan kompetensi diri bagi
masing-masing pendidik paud ini.
Mendidik Anak Usia Dini bukanlah hal
yang mudah, apabila para pendidiknya tidak di bekali dengan ilmu pengetahuan
yang ka masing-masing.
memadai,
maka akan gagal dan sia-sialah usaha para pendidik paud itu, akan tetapi dengan
di adakannya pelatihan para pendidik paud ini mudah-mudahan proses pengembangan
pembelajaran ini akan berkembang dengan baik.
2. TUJUAN
Tujuan
diadakannya pelatihan bagi pendidik paud :
a. Untuk
meningkatkan kemampuan pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan
pembelajaran.
b. Agar
pendidik mampu mempersiapkan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada
rencana pembelajaran.
c. Agar
pendidik dapat merancang tehnik-tehnik penilaian dalam pembelajaran Anak Usia
Dini.
3. MANFAAT
Manfaat
mengikuti pelatihan :
a. Agar
para pendidik dapat mengetahui dan mengukur apa kekurangan dan kelebihan diri
mereka masing-masing.
b. Agar
para pendidik dapat mempersiapkan rencana pembelajaran terlebih dahulu sebelum
melaksanakan proses pembelajaran.
c. Agar
para pendidik dapat menguasai materi yang akan di berikan sesuai dengan usia
Anak Usia Dini.
PERMASALAHAN
DAN PEMECAHAN
1. PERMASALAHN
Dari
pelaksanaan kegiatan pelatihan ada beberapa permasalahan, diantaranya :
-
Ada beberapa peserta
yang masih baru menjadi guru, jadi ketika materi anak berkebutuhan khusus masih
ada yang masih bingung cara penanganannya.
-
Ada peserta yang lupa
membawa alat tulis.
-
Ada peserta pelatihan
yang mengatakan dilembaganya ada wali murid yang tidak mau di libatkan di
sekolah.
2. PPEMECAHAN
Dari
permasalahan yang muncul di temukan cara penanganannya yaitu :
-
Pelatih memberikan
pengarahan kepada guru yang masih baru untuk lebih banyak belajar dan banyak
bertanya kepada guru lain yang lebih senior.
-
Pelatih sudah
menyediakan alat tulis jadi ketika ada yang lupa membawanya pelatih sudah
menyiapkannya.
-
Pelatih memberikan
saran agar lembaga tersebut sering mengadakan pelatihan agar ada komunikasi
yang baik antara guru, anak dan wali murid / orang tua.
PENUTUP
1. Kesimpulan
Pelatihan para peserta didik Paud ini di
laksanakan dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), juga
untuk meningkatkan kualifikasi pendidik Anak Usia Dini, agar para pendidik paud
ini dapat memberikan pendidikan dan pengasuhan yang benar, kepada anak usia
dini sesuai dengan usia dan kebutuhan
anak paud tersebut.
2. Saran
Semoga dari instalasi-instalasi yang
terkait dengan pendidikan Anak Uia Dini sering-sering mengadakan pelatihan
untuk para pendidik paud, agar para pendidik paud di lembaga manapun
kualifikasinya bis bertambah lebih baik lagi.
Dan saya yakin dengan seringnya di
adakan pelatihan-pelatihan seperti ini maka pendidim paud semakin bersemangat
lagi, karena pelatihan-pelatihan seperti ini memang sangat diharapkan sekali
oleh para pendidik paud. Dan di dalam membuat laporan ini walaupun saya buat
dengan semaksimal mungkin, tetapi tentu masih banyak sekali kekurangannya, jadi
saya mohon saran dan kritiknya yang sifatnya membangun . Terima Kasih
No comments:
Post a Comment