Tuesday, October 4, 2016

Contoh Laporan E-Training Tingkat Lanjut.

,

Contoh Laporan DIKLAT E-Training Tingkat Lanjut.
Donload contoh evaluasi di sini



KATA PENGANTAR

Bismillahirohmanirrohim
Dengan mengucap Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah Swt, karena atas berkat, rahmat dan anugerahnya saya dapat menyelesaikan laporan tugas mandiri diklat berjenjang lanjut ini.
Tugas ini saya susun sebagai salah satu persyaratan kelulusan dalam mengikuti diklat berjenjang tingkat lanjut yang telah di adakan di wisma Al furqon Bandar Lampung.
Tugas ini dapat terselesaikan tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan berbagai pihak.
Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.        Ibu Aseptina M.pd.i selaku ketua IGTKI-PGRI Provinsi Lampung beserta seluruh panitia yang telah menyenggarakan diklat Pelatihan Calon Pelatihan (PCP) tingkat lanjut ini.
2.        Ibu Sumini S.pd AUD selaku ketua IGTKI-PGRI Kabupaten Waykanan yang telah mengirim saya untuk mengikuti diklat ini.
3.        Ibu Saro’ah Spd.i selaku ketua IGTKI PGRI  Kecamatan Blambangan Umpu
4.        Dan semua teman-teman serta semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan tugas ini.
Tugas laporan mandiri ini sudah saya susun dengan kemampuan saya yang maksimal. tapi tentunya masih banyak sekali kekurangannya.
Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran-saran yang sifatnya membangun. Semoga laporan ini dapat bermanfaat buat kita semua khususnya buat para pendidik Paud.


PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
Usia dini merupakan masa emas perkembangan, pada masa itu terjadi lonjakan luar biasa pada perkembangan anak. Pendidikan merupakan usaha yang terencana untuk membenuk perkembangan potensi dan kemampuan anak.
Oleh sebab itu saya sangat senang bahkan sangat setuju sekali dengan di adakannya diklat PCP ini maka mereka yang sudah di latih, nantinya akan melatih lagi para pendidik-pendidik paud yang ada di bawahnya. Dengan begitu maka akan ada peningkatan kompetensi diri bagi masing-masing pendidik paud ini.
Mendidik Anak Usia Dini bukanlah hal yang mudah, apabila para pendidiknya tidak di bekali dengan ilmu pengetahuan yang ka masing-masing.
memadai, maka akan gagal dan sia-sialah usaha para pendidik paud itu, akan tetapi dengan di adakannya pelatihan para pendidik paud ini mudah-mudahan proses pengembangan pembelajaran ini akan berkembang dengan baik.

2.      TUJUAN
Tujuan diadakannya pelatihan bagi pendidik paud :
a.       Untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran.
b.      Agar pendidik mampu mempersiapkan pembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran.
c.       Agar pendidik dapat merancang tehnik-tehnik penilaian dalam pembelajaran Anak Usia Dini.

3.      MANFAAT
Manfaat mengikuti pelatihan :
a.       Agar para pendidik dapat mengetahui dan mengukur apa kekurangan dan kelebihan diri mereka masing-masing.
b.      Agar para pendidik dapat mempersiapkan rencana pembelajaran terlebih dahulu sebelum melaksanakan proses pembelajaran.
c.       Agar para pendidik dapat menguasai materi yang akan di berikan sesuai dengan usia Anak Usia Dini.

PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN

1.      PERMASALAHN
Dari pelaksanaan kegiatan pelatihan ada beberapa permasalahan, diantaranya :
-          Ada beberapa peserta yang masih baru menjadi guru, jadi ketika materi anak berkebutuhan khusus masih ada yang masih bingung cara penanganannya.
-          Ada peserta yang lupa membawa alat tulis.
-          Ada peserta pelatihan yang mengatakan dilembaganya ada wali murid yang tidak mau di libatkan di sekolah.

2.      PPEMECAHAN
Dari permasalahan yang muncul di temukan cara penanganannya yaitu :
-          Pelatih memberikan pengarahan kepada guru yang masih baru untuk lebih banyak belajar dan banyak bertanya kepada guru lain yang lebih senior.
-          Pelatih sudah menyediakan alat tulis jadi ketika ada yang lupa membawanya pelatih sudah menyiapkannya.
-          Pelatih memberikan saran agar lembaga tersebut sering mengadakan pelatihan agar ada komunikasi yang baik antara guru, anak dan wali murid / orang tua.


PENUTUP

1.      Kesimpulan
Pelatihan para peserta didik Paud ini di laksanakan dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), juga untuk meningkatkan kualifikasi pendidik Anak Usia Dini, agar para pendidik paud ini dapat memberikan pendidikan dan pengasuhan yang benar, kepada anak usia dini sesuai  dengan usia dan kebutuhan anak paud tersebut.
2.      Saran
Semoga dari instalasi-instalasi yang terkait dengan pendidikan Anak Uia Dini sering-sering mengadakan pelatihan untuk para pendidik paud, agar para pendidik paud di lembaga manapun kualifikasinya bis bertambah lebih baik lagi.
Dan saya yakin dengan seringnya di adakan pelatihan-pelatihan seperti ini maka pendidim paud semakin bersemangat lagi, karena pelatihan-pelatihan seperti ini memang sangat diharapkan sekali oleh para pendidik paud. Dan di dalam membuat laporan ini walaupun saya buat dengan semaksimal mungkin, tetapi tentu masih banyak sekali kekurangannya, jadi saya mohon saran dan kritiknya yang sifatnya membangun . Terima Kasih



Artikel Terkait

No comments: