Wednesday, September 21, 2016

contoh pembuatan lampiran TM E-TRAINING


berikut adalah contoh pengisian dan pembuatan lampiran tugas akhir E-Training tingkat dasar........

seperti di artikel sebelumnya kali ini saya akan berikan contoh pembuatan Lampiran tugas etraining.........




LAMPIRAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
PTK PAUD







DAFTAR LAMPIRAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Lampiran
1
:
Instrumen Penilaian Laporan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
2
:
Pedoman Wawancara  Pemantauan Pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
3
:
Instrumen Observasi Pelaksanaan Tugas Mandiri (PL/TT )
Lampiran
4
:
Instrumen penilaian Kinerja Pendidik PAUD
Lampiran
5
:
Jadwal Kegiatan Pelaksanaan tugas Mandiri
Lampiran
6
:
Bukti Kehadiran Peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
7
:
Jurnal Harian Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
8
:
Skema Kegiatan Mingguan ( SKM )
Lampiran
9
:
Rancangan Kegiatan Harian  (RKH)
Lampiran
10.1
:
Penilaian  Checklist
Lampiran
10.2
:
Penilaian Even Sampling
Lampiran
10.3
:
Penilaian  Anecdotal Record
Lampiran
11
:
Laporan Pelaksanaan  Layanan Kesehatan
Lampiran
12
:
Laporan Pelaksanaan  Pemenuhan Gizi
Lampiran
13
:
Laporan Pelaksanaan Layanan Pengasuhan dan Perawatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
14
:
Surat Keterangan Mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
15
:
Surat Pengantar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Lampiran
16
:
Standar Kompetensi Pengasuh PAUD



Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

NO
ASPEK PENILAIAN
INDIKATOR
NILAI TERTINGGI
NILAI YANG DICAPAI

1.    Sampul Laporan
1.    Kejelasan judul
2.    Kejelasan identitas pembuat laporan
3.    Kejelasan Lokasi Kegiatan Tugas Mandiri
5

2.    Pengantar

5

3.    Daftar Isi

5

4.    Pendahuluan
4.    Latar belakang
5.    Tujuan
6.    Manfaat
10

5.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

5

6.    Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan setiap hari

7.    Uraian kegiatan
8.    Hasil yang diperoleh
30

7.    Permasalahan dan Pemecahan
9.    Permasalahan
10. Pemecahan
10

8.    Penutup (Simpulan dan Saran)
11. Simpulan
12. Saran
10

9.    Lampiran

13. Jadwal Kegiatan
14. Rancangan
15. Instrumen Evaluasi
16. Laporan layanan
17. Foto Kegiatan
20

TOTAL NILAI TERTINGGI
100

Lampiran 2
PEDOMAN WAWANCARA
PEMANTAUAN PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Hari, tanggal                         : Jumat,13 Agustus 2016
Pengamat                              : Fery Soneri, Dia meliana, Yuli Yanti
Lokasi                                                : TK Handayani
Peserta yang diobservasi   : Nela Yati

NO.
RESPONDEN DAN ASPEK YANG DITANYAKAN
JAWABAN
( Ya /Tidak )
KETERANGAN
I
PIMPINAN
a.
Adalah perubahan kinerja dari peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?




ya

setelah mengikuti diklat pembelajaran menjadi lebih baik.
b.




Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terhadap lembaga terkait dengan program belajar yang ada?

ya

Tentang cara pembuatan Rencana Kegiatan Mingguan (Rkm) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH)
c.
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan media /penataan lingkungan belajar di lembaga?

ya

Memperbanyak media dan Alat pembelajaran

d.
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan layanan yang diberikan oleh lembaga?
ya

Memberikan perenting skil dan memberikan PMTAS.
e.
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan aturan dalam lembaga?
ya

Tata tertib untuk pendidik
II
TEMAN SEJAWAT
a.
Adakah perubahan kinerja peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
ya

Lebih aktif dalam pembelajaran dan Media Pembelajaran
b.
Apakah peserta diklat melakukan sharing informasi terkait materi yang diterima pada saat mengikuti Diklat Dasar?
ya

Terkait tentang cara pembuatan RKM dan RKH
c.
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan perencanaan pembelajaran
ya

Harus lebih kreatif lagi
d.
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan pelaksanaan pembelajaran?
ya

Lebih aktif, kreatif dan inovatif
III
ORANG TUA
a.
Adakah perubahan kinerja peserta diklat  sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
ya

Lebih baik
b.
Adakah perubahan performance peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
ya

Lebih baik
c.
Adakah perubahan sikap peserta diklat dalam melayani anak sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?

ya

Lebih baik











Lampiran 3

INSTRUMEN OBSERVASI PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Nama             : Nela Yati                                 Lembaga    : TK Handayani
Waktu             : 05 Agustus 2016                   Pengamat   : Nela Yati

No
Aspek
Sub Aspek
Indikator
Kriteria Skor
Skor
Catatan Hasil Observasi
1
Kegiatan Pembelajaran  dan Evaluasi
a.  Perencanaan Kegiatan Pembelajaran (dilihat dari RKH dan papan display kegiatan).
1.  Identitas: Hari/tanggal/kelompok usia/jumlah anak dlm kelompok/tema/sub tema.
2.  Penataan Lingkungan Main: Densitas (keragaman jenis main).
3.  Pijakan Sebelum Main (kegiatan pembuka).
4.  Pijakan Saat Main (kegiatan main inti).
5.  Pijakan Setelah Main (Penutup).
6.  Alokasi Waktu: Penyambutan, Pijakan Sebelum Main/Pembukaan, Pijakan Saat Main/Kegiatan Main/Inti, Waktu Membereskan, Istirahat, Pijakan Setelah Main/Penutup.
7.  Kalender pendidikan.
1.  Jika memenuhi 1-2 komponen
2.  Jika memenuhi 3-4 komponen
3.  Jika memenuhi 5-6 komponen
4.  Jika memenuhi  7 komponen







3

Komponen dari 1-6 sudah ada tinggal yang ke-7 yang belom dilaksanakan.
b.  Pelaksanaan Pembelajaran.

1.  Guru ada di sekolah sebelum anak datang, untuk menyambut anak.
2.  Penyiapan APE: (densitas, kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan tahapan perkembangan anak, pergantian APE secara berkala, keamanan APE).
3.  Penataan APE: (tertata rapi, pengelompokkan sesuai jenis, tersedia nama/foto, dapat dijangkau oleh anak, kenyamanan tata letak, dan ada papan display karya anak).
4.  Kesesuain pelaksanaan kegiatan dengan perencanaan yang tertuang di RKH dan Kalender Pendidikan.
5.  Guru melakukan dukungan yang membangun keaksaraan dan pengetahuan saat anak main.
6.  Guru memberikan dukungan untuk meningkatkan tahap perkembangan anak, membantu anak sesuai kebutuhan, meningkatkan tahap main anak.
7.  Guru berkomunikasi dengan anak secara adil dan seimbang.
8.  Guru memberi kesempatan main yang diberikan pada semua anak sesuai kebutuhan khusus masing-masing anak.
9.  Guru memberi kesempatan bagi anak waktu yang cukup untuk membereskan mainan.
10.         Guru memberi kesempatan untuk minum dan buang air kecil, mencuci tangan, membersihkan diri, sesuai kebutuhan anak.
11.         Guru berada di sekitar anak saat anak istirahat bermain di halaman.
12.         Guru memberikan dukungan pengetahuan yang cukup saat anak istirahat makan tentang makanan dan minuman.
13.         Guru mengingatkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.
1.  Jika memenuhi 1-2 komponen
2.  Jika memenuhi 3-4 komponen
3.  Jika memenuhi 5-6 komponen
4.  Jika memenuhi 7-8 komponen
5.  Jika memenuhi 9-10 komponen
6.  Jika memenuhi 11-12 komponen.
7.  Jika memenuhi 13 komponen.






5



Baru 1-10 komponen yang terpenuhi
c.   evaluasi perkembangan anak

1.  Cara Mengevaluasi (metode): Observasi
2.  Aspek yang dievaluasi: 5 aspek perkembangan, hasil karya anak (tahap menggunting, tahap menggambar, tahap melukis, tahap menulis, tahap meronce), unjuk kerja anak (mis. saat main balok, saat main peran, tahap perilaku sosial), intensitas (ketekunan main anak), densitas (keragaman pilhan main anak). 
3.  Cara Pencatatan dan Pendokumentasian Hasil Evaluasi: checklist, anekdot, running record, time sampling, event sampling, portofolio.
4.  Cara Pelaporan: buku penghubung (harian), laporan perkembangan anak (catur wulan, semester, tahunan)
1.  Jika memenuhi 1 komponen
2.  Jika memenuhi 2 komponen
3.  Jika memenuhi 3 komponen
4.  Jika memenuhi 4 komponen.




1

Baru satu komponen yang terpenuhi
2.
Layanan Kesehatan dan Gizi
a.    Kesehatan
1.  layanan kesehatan umum
2.  layanan kesehatan gigi
3.  imunisasi dan vitamin
4.  PHBS (Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat)
1.  Jika memenuhi 1 komponen
2.  Jika memenuhi 2 komponen
3.  Jika memenuhi 3 komponen
4.  Jika memenuhi 4 komponen.



4

Semua komponen sudah terpenuhi
b.    Gizi
1.  Bentuk Kegiatan: Makan bersama terjadual, Melibatkan orang tua murid, Masak Bersama anak.
2.  Komposisi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral)
3.  keragaman jenis
4.  pemilihan bahan yang segar
5.  pengolahan bahan yang tepat
6.  penyajian menu yang menarik anak.
1.  Jika memenuhi 1 komponen
2.  Jika memenuhi 2 komponen
3.  Jika memenuhi 3 komponen
4.  Jika memenuhi 4 komponen.
5.  Jika memenuhi 5-6 komponen



5


Semua komponen sudah terpenuhi
3.
Etika Pendidik
a. Penampilan

1.  Tidak berkuku panjang
2.  Tidak memakai sepatu hak tinggi
3.  Tidak menggunakan asesoris berlebihan
4.  Berpakaian rapi dan sopan
1.  Jika memenuhi 1 komponen
2.  Jika memenuhi 2 komponen
3.  Jika memenuhi 3 komponen
4.  Jika memenuhi 4 komponen.

4

Semua komponen sudah terpenuhi
b.  Sikap dan Perilaku

1.  Bicara santun dan positif serta bersuara pelan namun jelas.
2.  ekspresi dan bahasa tubuh yang sesuai.
3.  Menjalin kerjasama dengan teman sejawat.
4.  Berkomunikasi dengan orang tua murid sewajarnya.
5.  Melaksanakan tugas sesuai dengan bidang tugasnya.
6.  Senang menolong, sigap dan cepat tanggap.
7.  Senang bermain dan mudah dekat dengan anak.
1.  Jika memenuhi 1-2 komponen
2.  Jika memenuhi 3 komponen
3.  Jika memenuhi 4 komponen
4.  Jika memenuhi 5 komponen.
5.  Jika memenuhi 6-7 komponen






5




Semua komponen sudah terpenuhi


c.   Pengelolaan Pembelajaran
1.  Berlaku adil dan bijaksana pada semua anak.
2.  Mengelola  dan menggunakan media pembelajaran dengan baik.
3.  Interaktif dalam menyampaikan tema kegiatan.
4.  Dinamis dalam bekerja dan mengelola kelas.
5.  Mengelola waktu dengan tepat dan sesuai kebutuhan.
6.  Senantiasa mengingatkan anak tentang aturan main.
7.  Memberi dukungan yang sesuai saat dibutuhkan anak.
8.  Memahami cara menggunakan alat permainan edukatif dan media belajar lainnya.
9.  Mengelola alat main dan mendokumentasikan/menginventarisasi dengan baik.
1.  Jika memenuhi 1-2 komponen
2.  Jika memenuhi 3-4 komponen
3.  Jika memenuhi 5-6 komponen
4.  Jika memenuhi 7 komponen.
5.  Jika memenuhi 8 komponen
6.  Jika memenuhi 9 komponen




2



Komponen 1-4 sudah dilaksanakan. Komponen 5-9 belum dilaksanakan
4.
Tindak Lanjut dan Konsistensi

1.  Menggunakan hasil penilaian perkembangan sebagai dasar perencanaan selanjutnya.
2.  Melakukan perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya.
3.  Konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 25 hari.
1.  Jika memenuhi 1 komponen.
2.  Jika memenuhi 2 komponen.
3.  Jika memenuhi 3 komponen.


3


Semua komponen sudah terpenuhi




Kriteria Penilaian
Kriteria









Nilai
33

Sangat Paham
27,7
Nilai
33

Paham
22,3
Nilai
27,7

Cukup Paham
17
Nilai
22,3

Kurang Paham


Nilai
17

Tidak Paham










Lampiran 4
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA
                                       PENDIDIK PAUD                                                
Nama                                     : Nela Yati
Lembaga  PAUD                  : TK Handayani
Alamat PAUD                       : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1 Nuar Maju
Jenis Diklat yang diikuti     : Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Tgl Pelaksanaan Diklat      : 16 Maret s.d. 26 Juli 2016
                                                                                                                                   
A.    Petunjuk Umum
1.    Instrumen ini diisi oleh Kepala Lembaga PAUD
2.    Bacalah setiap unsur penilaian secara seksama sebelum memberikan penilaian
3.    Berikan penilaian pada setiap butir unsur penilaian kinerja dengan menyilang  (X) salah satu angka sesuai dengan petunjuk khusus
B.   Petunjuk Khusus
1.    0% - 20%                   perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
2.    21% - 40%                 perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
3.    41% - 60%                 perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
4.    61% - 80%                 perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
5.    81% - 100%               perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari

Skor Kinerja
Sebelum Pelatihan
Unsur Penilaian Kinerja
Skor Kinerja
Setelah Pelatihan






Kecakapan Pedagogis


1
2
3
4
5
        a.      Kemampuan menyusun rencana pembelajaran
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      b.      Kemampuan dalam merancang media pembelajaran
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      c.      Kemampuan dalam menata ligkungan pembelajaran
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      d.      Kemampuan dalam menetapkan metode pembelajaran
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      e.      Kemampuan melaksanakan pembelajaran
1
2
3
4
5













1
2
3
4
5
       f.       Kemampuan melaksanakan penilaian terhadap anak
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      g.      Kemampuan mengelola administrasi pembelajaran
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      h.      Kemampuan menangani anak bermasalah/berkebutuhan khusus
1
2
3
4
5

Kecakapan Kepribadian

1
2
3
4
5
       i.       Penghargaan terhadap peserta didik
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
       j.       Perilaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      k.      Jujur
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
       l.       Bertanggung jawab pada tugas
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      m.     Mandiri
1
2
3
4
5






Kecakapan Sosial






1
2
3
4
5
      n.      Kemampuan menjalin hubungan dengan teman sejawat
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      o.      Kemampuan menjalin hubungan dengan peserta didik
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      p.      Kemampuan menjalin hubungan dengan orangtua peserta didik
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      q.      Kemampuan menjalin hubungan dengan masyarakat
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
       r.       Kemampuan dalam mengambil keputusan


1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      s.      Kemampuan memberi kesempatan kepada anak untuk berkreasi
       t.        
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
       t.       Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain
      u.       
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      u.      Kerapian dalam berpenampilan

1
2
3
4
5






Kecakapan Profesional







1
2
3
4
5
      v.      Kemampuan menentukan tema pembelajaran yang sesuai dengan
perkembangan anak


1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      w.      Kemampuan menentukan kegiatan belajar berdasarkan materi/tema pembelajaran
      x.       
1
2
3
4
5

1
2
3
4
5
      x.      Kemampuan menyusun laporan evaluasi perkembangan


1
2
3
4
5






 JUMLAH SKOR
































Konversi Penghitungan Nilai :







Nilai Akhir
=
Jumlah skor
 x 100


120


Pra diklat
=
……………
 x 100





120





=
…………….
                              
                             Buay Bahuga,       Agustus 2016




                                                          Kepala PAUD








                            TK Handayani
Paska Diklat
=
Jumlah skor
 x 100


120





=
……………
 x 100





120
                                 ( Fery Soneri, S.H  )




=
…………….


























Lampiran 5
JADWAL KEGIATAN PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR  PTK PAUD
NO.
HARI/TANGGAL
KEGIATAN
1.
Selasa, 02 Agustus 2016
Memohon izin pada kepala sekolah untuk melaksanakan magang di Tk Handayani
2.
Rabu, 03 Agustus 2016
Mengantarkan surat permohonan
3.
Kamis, 04 Agustus 2016
Observasi sekolah
4.
Jumat, 05 Agustus 2016
Observasi proses pembelajaran
5.
Sabtu, 06 Agustus 2016
Diskusi dengan guru kelas dan pembuatan jadwal
6.
Minggu, 07 Agustus 2016
Pembuatan rencana kegiatan mingguan (RKM)
7.
Senin, 08 Agustus 2016
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk tiga hari kedepan
8.
Selasa, 09 Agustus 2016
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk dua hari kedepan
9.
Rabu, 10 Agustus 2016
Pembuatan rencana penilaian / evaluasi
10.
Kamis, 11 Agustus 2016
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang pertama
11.
Jumat, 12 Agustus 2016
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke dua
12.
Sabtu, 13 Agustus 2016
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke tiga
13.
Minggu, 14 Agustus 2016
Merapikan,  dan mengevaluasi RKH tiga hari kemaren dengan teman sejawat
14.
Senin, 15 Agustus 2016
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke empat
15.
Selasa, 16 Agustus 2016
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke lima
16.
Rabu, 17 Agustus 2016
Memulai penulisan BAB I  dan BAB II untuk tugas mandiri
17.
Kamis, 18 Agustus 2016
Konsultasi BAB I  dan BAB II dengan tutor pendamping
18.
Jumat, 19 Agustus 2016
Penulisan BAB III
19.
Sabtu, 20 Agustus 2016
Konsultasi BAB III dengan tutor pendamping
20.
Minggu, 21 Agustus 2016
Perbaikan atau merevisi BAB III
21.
Senin, 22 Agustus 2016
Penulisan BAB IV, BAB V dan lampiran
22.
Selasa, 23 Agustus 2016
Konsultasi BAB IV, BAB V dan lampiran
23.
Rabu, 24 Agustus 2016
Evaluasi menyeluruh dengan tutor pendamping
24.
Kamis, 25 Agustus 2016
Revisi lampiran
25.
Jumat, 26 Agustus 2016
Pengumpulan Tugas Mandiri
             Mengetahui,
Pengelola/Kepala Paud TK Handayani                    Penyusun/Pendidik
                                                   


            Fery Soneri, S.H                                                          Nela Yati       



Lampiran 6
BUKTI KEHADIRAN PESERTA
DIKLAT  BERJENJANG TINGKAT DASAR
( minimal 90% )

Nama Peserta                       : Nela Yati
Lembaga                               : TK Handayani
Alamat                                    : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju
Nama Pendamping            : Catri Marintias, S.P
NO.
TANGGAL
MATERI
NARASUMBER
Paraf Panitia
1.
16 Maret 2016
sosialisasi
1.    Gaya Atmaja
2.    Indah Rahmawati, S.Pd. MM
3.    Catri Marintias, S.P
4.    Lisnur Islahiyah, S.Pd
5.    Hairinsyah, S.Pd

2.
25 Maret 2016
Pendaftaran online
1.   Indah Rahmawati, S.Pd. MM
2.  Catri Marintias, S.P
3.  Lisnur Islahiyah, S.Pd
4.  Hairinsyah, S.Pd

3.
13 April 2016
1.   Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
2. Perkembangan
Anak
3.   Mengenal Anak  Berkebutuhan Khusus
1.   Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd








4.
21 April 2016
Kuis
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


5.
12 Mei 2016
1. Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain
2. Perawatan Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini
3.  Perencanaan      
     kegiatan  
     pembelajaran
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


6.
18 Mei 2016
Kuis
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


7.
26 Mei 2016
1.  Etika dan karakter pendidik PAUD
2.  Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
3.  Komunikasi dalam pengasuhan

1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


8.
02 Juni 2016
Kuis
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


9.
18 Juli 2016
Pelaksanaan Ujian E-Trening
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd


10.
27 Juli 2016
Pelaksanaan Ujian Ulang
1.    Catri Marintias, S.P
2.   Lisnur Islahiyah, S.Pd
3.   Hairinsyah, S.Pd



Mengetahui,
Ketua Provider/Penyelenggara


(                                             )


Lampiran 7
JURNAL HARIAN PESERTA
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Nama Peserta                       : Nela Yati
Lembaga                               : TK Handayani
Alamat                                    : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju

NO
TANGGAL &
WAKTU
KEGIATAN
HASIL
Catatan Pendamping
Paraf
Pendamping
1.
02-8-2016
08.30
Memohon izin kepada kepala sekolah untuk melaksanakan magang di TK Handayani
Disetujui untuk melaksanakan magang


oke

2.
03-8-2016
09.00
Mengantarkan surat permohonan ke TK Handayani

Diterima

oke

3.
04-8-2016
08.30
Melakukan observasi sekolah di TK Handayani
Sudah dilakukan

Acc

4.
05-8-2016
07.30
Melakukan observasi proses pembelajaran di TK Handayani
Sudah dilakukan dan sudah ada kemajuan

Lebih ditingkatkan lagi





5.
06-8-2016
10.00
Diskusi dengan guru kelas dan guru pendamping sebelum pembuatan RKM dan RKH
Sudah dilaksanakan dan ada kerja sama
Tingkatkan kerja samanya

6.
07-8-2016
07.30
Pembuatan rencana kegiatan mingguan (RKM)
Mulai dilaksanakan
Baik

7.
08-8-2016
07.30
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk tiga hari kedepan
Ya, sudah berjalan dan dilaksanakan

oke

8.
09-8-2016
07.30
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk dua hari kedepan
Ya, sudah berjalan dan dilaksanakan

Oke

9.
10-8-2016
07.30
Pembuatan rencana penilaian / evaluasi
Sudah dilaksanakan

Ya, baik

10.
11-8-2016
07.30 - 10.15
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang pertama
Iya, mulai baik
Tingkatkan lagi

11.
12-8-2016
07.30 - 10.15
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke dua
Hasilnya lebih baik dan mulai mengerti

Oke
Bagus

12.
13-8-2016
07.30 - 10.15
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke tiga
Sudah memahami dan dilaksanakan
Oke
bagus

13.
14-8-2016
07.30 - 10.15
Merapikan, mengevaluasi RKH selama tiga hari kemaren dengan teman sejawat
Sudah dilaksanakan dan teman sejawat, sudah mulai memahami
Ya,
Lebih ditingkatkan lagi kerja samanya

14.
15-8-2016
07.30 - 10.15
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke empat

Sudah lebih baik lagi


Bagus

15.
16-8-2016
07.30 - 10.15
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke lima

Sudah
Baik

Bagus


16.
17-8-2016
07.30 - 10.15
Memulai penulisan BAB I  dan BAB II untuk tugas mandiri
Baik sekali
Oke

17.
18-8-2016
07.30
Konsultasi BAB I  dan BAB II dengan tutor pendamping

Sudah selesai
Oke

18.
19-8-2016
07.30
Penulisan BAB III
Sudah di ACC
Baik

19.
20-8-2016
07.30
Konsultasi BAB III dengan tutor pendamping
Sudah dilakukan
Oke

20.
21-8-2016
07.30
Perbaikan atau merevisi BAB III
Sudah di ACC
Baik

21.
22-8-2016
07.30
Penulisan BAB IV, BAB V dan lampiran
Sudah selesai
Baik

22.
23-8-2016
07.30
Konsultasi BAB IV, BAB V dan lampiran
Sudah dilaksanakan
Oke

23.
24-8-2016
07.30
Evaluasi menyeluruh dengan tutor pendamping
Sudah dilaksanakan dengan baik
bagus

24.
25-8-2016
07.30
Penyusunan Tugas mandiri
Sudah selesai
Bagus

25.
26-8-2016
07.30
Pengumpulan Tugas Mandiri
Sudah
Bagus


     Nuar Maju, 27 Agustus 2016                           
                       Peserta


 Nela Yati 
Instrumen 11
LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN KESEHATAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: Tk Handayani

Aspek yang dilaporkan
( contoh )
Pelaksana
dokumen pendukung (foto)
Program Kesehatan Umum

Penimbangan berat badan anak, dilaksanakan setiap bulan berbarengan dengan posyandu kampung.

Pemberian Imunisasi dan Vitamin


Pemberian vitamin A dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.




Prilaku hidup bersih dan Sehat ( PHBS )
Mencuci tangan sebelum dan sesudah  makan, yang dilaksanakan setiap hari.



Memotong kuku setiap satu minggu sekali.




          Mengetahui

Pengelola/Kepala TK Handayani                                     Pendidik/Pengasuh


 


     Fery Soneri, S.H                                                                   Nela Yati













Lampiran 12
  LAPORAN PELAKSANAAN  LAYANAN PEMENUHAN GIZI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: TK Handayani

Aspek yang Dilaporkan
Peran Pendidik/Pengasuh
dokumen pendukung (foto)
Pelaksanaan Program Makan Bersama
( Ragam Menu, Penyajian )


Memotivasi anak untuk suka makan sayuran









             Mengetahui
Pengelola/Kepala Tk Handayani                              Pendidik/Pengasuh





      Fery Soneri, S.H                                                                Nela Yati

Lampiran 13
LAPORAN PELAKSANAAN
 LAYANAN PENGASUHAN DAN PERAWATAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR

Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: TK HANDAYANI
Aspek yang Dilaporkan
Peran Pendidik/Pengasuh
dokumen pendukung (foto)
-          Pogram pengasuhan dan perawatan kebersihan
( membantu anak cuci tangan, memandikan, sikat gigi, toilet training)



 Mengajarkan kepada anak untuk hidup bersih. Mis: mencuci tangan sebelum makan, dan memotong kuku.








-          Program Pelaksanaan Pengukuran  Berat Badan dan Tinggi Badan/ mengecek kartu KMS







Guru sebagai pelaksana pengukuran berat badan dan tinggi badan anak yang dilakukan satu bulan sekali













           Mengetahui
Pengelola/Kepala TK Handayani                            Pendidik/Pengasuh





       Fery Soneri, S.H                                                          Nela Yati






Lampiran 14
SURAT KETERANGAN TELAH MENGIKUTI DIKLAT
Nomor:..............................

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                                     : Catri Marintias, S.P
Jabatan                                  : Sekertaris Himpaudi
Alamat                                    : Way Kanan               
Menyatakan bahwa:
Nama ( Peserta )                  : Nela Yati
Lembaga PAUD                   : TK Handayani
Alamat                                    : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1
Pada saat dikeluarkan surat keterangan ini, yang bersangkutan adalah benar telah mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang berlangsung dari tanggal 16 Maret s/d 26 Juli 2016 di Kota/Kabupaten/Propinsi.  Surat keterangan ini dipergunakan sebagai bukti kelengkapan bahwa yang persangkutan telah menyelesaikan Kegiatan tatap muka pada Diklat Tatap muka Diklat berjenjang tingkat dasar.
Demikian agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.                                                                                                       Blambangan Umpu, 26 Juli 2016         
         Ketua Provider                                                             Ketua Panitia
             Panitia
     

       ------------------------------                                                  Catri Marintias, S.P               
Lampiran 15
Surat Pengantar Tugas Mandiri
Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Blambangan Umpu, 01 Agustus 2016                                                                                                            
Nomor                        : .......................................                                                 
Sifat                            : Penting.                                                                          
Lampiran                   : -                                                                                                                                            
Perihal                       : Surat Pengantar Pelaksanaan                                              
                                Tugas Mandiri                                                                             
Kepada :
Yth. Kepala Paud TK Handayani
        Bpk. Fery Soneri, S.H

Dikirim dengan hormat berkas surat keterangan bahwa peserta telah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam diklat berjenjang tingkat dasar selama 48 jam pelajaran (melalui Program E-Training) yang diselenggarakan oleh PP-PAUDNI Regional II Semarang. Peserta diklat segera akan melaksanakan Kegiatan Tugas Mandiri di Lembaga yang Bapak/Ibu Pimpin, atas nama :

Nama ( Peserta )                  : Nela Yati
Lembaga PAUD                   : TK Handayani
Alamat                                    : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju
Demikian surat pengantar disampaikan untuk mendapatkan penyelesaian lebih lanjut.
                                               Mengetahui Petugas Lapangan



                                         Catri  Marintias, S.P
Lampiran 16
STANDAR KOMPETENSI PENGASUH PAUD
( PERMENDIKNAS  NO. 58 TAHUN 2009 )
KOMPETENSI  (3)
INDIKATOR (14)
1. Memahami dasar-dasar pengasuhan.
2. Terampil melaksanakan pengasuhan.
3. Bersikap dan berperilaku sesuai    
    Dengan kebutuhan psikologis anak
4  INDIKATOR
4  INDIKATOR
6   INDIKATOR

KOMPETENSI PENGASUH
NO.
KOMPETENSI
INDIKATOR
1.
Memahami dasar-dasar pengasuhan.
1.1. Memahami peran pengasuhan terhadap  
        perrtumbuhan dan perkembangan anak.
1.2. Memahami pola makan dan kebutuhan gizi   
       Masing - masing anak.
1.3. Memahami layanan dasar kesehatan dan  
       Kebersihan anak.
1.4. Memahami tugas dan kewenangan dalam        
       Membantu guru dan guru pendamping.
2.
Terampil melaksanakan pengasuhan.
2.1. Terampil dalam melakukan perawatan  
        Kebersihan anak.
2.2. Terampil bermain dan berkomunikasi  secara     
        Verbal dan non verbal dengan  anak.
2.3. Mengenali dan mengatasi  ketidaknyamanan     
       anak.
2.4. Terampil merawat kebersihan fasilitas       
        bermain anak.
3.
Bersikap dan berperilaku sesuai dengan  kebutuhan psikologis anak
3.1.  Menyayangi anak secara tulus.
3.2. Berperilaku sabar, tenang, ceria, penuh       
       perhatian, serta melindungi anak.
3.3. Memiliki kepekaan dan humoris dalam     
       menyikapi perilaku anak.
3.4. Menampilkan diri sebagai pribadi yang     
       dewasa, arif, dan bertanggung jawab.
3.5. Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat.
3.6. Berperilaku santun, menghargai, dan         
       hormat    Kepada orang tua anak.




Artikel Terkait

No comments: