berikut adalah contoh pengisian dan pembuatan lampiran tugas akhir E-Training tingkat dasar........
seperti di artikel sebelumnya kali ini saya akan berikan contoh pembuatan Lampiran tugas etraining.........
LAMPIRAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
PTK PAUD
DAFTAR LAMPIRAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
| |||
Lampiran
|
1
|
:
|
Instrumen Penilaian Laporan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
2
|
:
|
Pedoman Wawancara Pemantauan Pelaksanaan Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
3
|
:
|
Instrumen Observasi Pelaksanaan Tugas Mandiri (PL/TT )
|
Lampiran
|
4
|
:
|
Instrumen penilaian Kinerja Pendidik PAUD
|
Lampiran
|
5
|
:
|
Jadwal Kegiatan Pelaksanaan tugas Mandiri
|
Lampiran
|
6
|
:
|
Bukti Kehadiran Peserta Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
7
|
:
|
Jurnal Harian Tugas Mandiri Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
8
|
:
|
Skema Kegiatan Mingguan ( SKM )
|
Lampiran
|
9
|
:
|
Rancangan Kegiatan Harian (RKH)
|
Lampiran
|
10.1
|
:
|
Penilaian Checklist
|
Lampiran
|
10.2
|
:
|
Penilaian Even Sampling
|
Lampiran
|
10.3
|
:
|
Penilaian Anecdotal Record
|
Lampiran
|
11
|
:
|
Laporan Pelaksanaan Layanan Kesehatan
|
Lampiran
|
12
|
:
|
Laporan Pelaksanaan Pemenuhan Gizi
|
Lampiran
|
13
|
:
|
Laporan Pelaksanaan Layanan Pengasuhan dan Perawatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
14
|
:
|
Surat Keterangan Mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
15
|
:
|
Surat Pengantar Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
|
Lampiran
|
16
|
:
|
Standar Kompetensi Pengasuh PAUD
|
Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN LAPORAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
INDIKATOR
|
NILAI TERTINGGI
|
NILAI YANG DICAPAI
|
1. Sampul Laporan
|
1. Kejelasan judul
2. Kejelasan identitas pembuat laporan
3. Kejelasan Lokasi Kegiatan Tugas Mandiri
|
5
| ||
2. Pengantar
|
5
| |||
3. Daftar Isi
|
5
| |||
4. Pendahuluan
|
4. Latar belakang
5. Tujuan
6. Manfaat
|
10
| ||
5. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
|
5
| |||
6. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan setiap hari
|
7. Uraian kegiatan
8. Hasil yang diperoleh
|
30
| ||
7. Permasalahan dan Pemecahan
|
9. Permasalahan
10. Pemecahan
|
10
| ||
8. Penutup (Simpulan dan Saran)
|
11. Simpulan
12. Saran
|
10
| ||
9. Lampiran
|
13. Jadwal Kegiatan
14. Rancangan
15. Instrumen Evaluasi
16. Laporan layanan
17. Foto Kegiatan
|
20
| ||
TOTAL NILAI TERTINGGI
|
100
|
Lampiran 2
PEDOMAN WAWANCARA
PEMANTAUAN PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Hari, tanggal : Jumat,13 Agustus 2016
Pengamat : Fery Soneri, Dia meliana, Yuli Yanti
Lokasi : TK Handayani
Peserta yang diobservasi : Nela Yati
NO.
|
RESPONDEN DAN ASPEK YANG DITANYAKAN
|
JAWABAN
( Ya /Tidak )
|
KETERANGAN
| ||
I
|
PIMPINAN
| ||||
a.
|
Adalah perubahan kinerja dari peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
setelah mengikuti diklat pembelajaran menjadi lebih baik.
| ||
b.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terhadap lembaga terkait dengan program belajar yang ada?
|
ya
|
Tentang cara pembuatan Rencana Kegiatan Mingguan (Rkm) dan Rencana Kegiatan Harian (RKH)
| ||
c.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan media /penataan lingkungan belajar di lembaga?
|
ya
|
Memperbanyak media dan Alat pembelajaran
| ||
d.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan layanan yang diberikan oleh lembaga?
|
ya
|
Memberikan perenting skil dan memberikan PMTAS.
| ||
e.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan aturan dalam lembaga?
|
ya
|
Tata tertib untuk pendidik
| ||
II
|
TEMAN SEJAWAT
| ||||
a.
|
Adakah perubahan kinerja peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
Lebih aktif dalam pembelajaran dan Media Pembelajaran
| ||
b.
|
Apakah peserta diklat melakukan sharing informasi terkait materi yang diterima pada saat mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
Terkait tentang cara pembuatan RKM dan RKH
| ||
c.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan perencanaan pembelajaran
|
ya
|
Harus lebih kreatif lagi
| ||
d.
|
Apakah peserta diklat memberikan saran/masukan terkait dengan pelaksanaan pembelajaran?
|
ya
|
Lebih aktif, kreatif dan inovatif
| ||
III
|
ORANG TUA
| ||||
a.
|
Adakah perubahan kinerja peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
Lebih baik
| ||
b.
|
Adakah perubahan performance peserta diklat sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
Lebih baik
| ||
c.
|
Adakah perubahan sikap peserta diklat dalam melayani anak sebelum dan setelah mengikuti Diklat Dasar?
|
ya
|
Lebih baik
| ||
Lampiran 3
INSTRUMEN OBSERVASI PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Nama : Nela Yati Lembaga : TK Handayani
Waktu : 05 Agustus 2016 Pengamat : Nela Yati
No
|
Aspek
|
Sub Aspek
|
Indikator
|
Kriteria Skor
|
Skor
|
Catatan Hasil Observasi
|
1
|
Kegiatan Pembelajaran dan Evaluasi
|
a. Perencanaan Kegiatan Pembelajaran (dilihat dari RKH dan papan display kegiatan).
|
1. Identitas: Hari/tanggal/kelompok usia/jumlah anak dlm kelompok/tema/sub tema.
2. Penataan Lingkungan Main: Densitas (keragaman jenis main).
3. Pijakan Sebelum Main (kegiatan pembuka).
4. Pijakan Saat Main (kegiatan main inti).
5. Pijakan Setelah Main (Penutup).
6. Alokasi Waktu: Penyambutan, Pijakan Sebelum Main/Pembukaan, Pijakan Saat Main/Kegiatan Main/Inti, Waktu Membereskan, Istirahat, Pijakan Setelah Main/Penutup.
7. Kalender pendidikan.
|
1. Jika memenuhi 1-2 komponen
2. Jika memenuhi 3-4 komponen
3. Jika memenuhi 5-6 komponen
4. Jika memenuhi 7 komponen
|
3
|
Komponen dari 1-6 sudah ada tinggal yang ke-7 yang belom dilaksanakan.
|
b. Pelaksanaan Pembelajaran.
|
1. Guru ada di sekolah sebelum anak datang, untuk menyambut anak.
2. Penyiapan APE: (densitas, kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan tahapan perkembangan anak, pergantian APE secara berkala, keamanan APE).
3. Penataan APE: (tertata rapi, pengelompokkan sesuai jenis, tersedia nama/foto, dapat dijangkau oleh anak, kenyamanan tata letak, dan ada papan display karya anak).
4. Kesesuain pelaksanaan kegiatan dengan perencanaan yang tertuang di RKH dan Kalender Pendidikan.
5. Guru melakukan dukungan yang membangun keaksaraan dan pengetahuan saat anak main.
6. Guru memberikan dukungan untuk meningkatkan tahap perkembangan anak, membantu anak sesuai kebutuhan, meningkatkan tahap main anak.
7. Guru berkomunikasi dengan anak secara adil dan seimbang.
8. Guru memberi kesempatan main yang diberikan pada semua anak sesuai kebutuhan khusus masing-masing anak.
9. Guru memberi kesempatan bagi anak waktu yang cukup untuk membereskan mainan.
10. Guru memberi kesempatan untuk minum dan buang air kecil, mencuci tangan, membersihkan diri, sesuai kebutuhan anak.
11. Guru berada di sekitar anak saat anak istirahat bermain di halaman.
12. Guru memberikan dukungan pengetahuan yang cukup saat anak istirahat makan tentang makanan dan minuman.
13. Guru mengingatkan anak untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.
|
1. Jika memenuhi 1-2 komponen
2. Jika memenuhi 3-4 komponen
3. Jika memenuhi 5-6 komponen
4. Jika memenuhi 7-8 komponen
5. Jika memenuhi 9-10 komponen
6. Jika memenuhi 11-12 komponen.
7. Jika memenuhi 13 komponen.
|
5
|
Baru 1-10 komponen yang terpenuhi
| ||
c. evaluasi perkembangan anak
|
1. Cara Mengevaluasi (metode): Observasi
2. Aspek yang dievaluasi: 5 aspek perkembangan, hasil karya anak (tahap menggunting, tahap menggambar, tahap melukis, tahap menulis, tahap meronce), unjuk kerja anak (mis. saat main balok, saat main peran, tahap perilaku sosial), intensitas (ketekunan main anak), densitas (keragaman pilhan main anak).
3. Cara Pencatatan dan Pendokumentasian Hasil Evaluasi: checklist, anekdot, running record, time sampling, event sampling, portofolio.
4. Cara Pelaporan: buku penghubung (harian), laporan perkembangan anak (catur wulan, semester, tahunan)
|
1. Jika memenuhi 1 komponen
2. Jika memenuhi 2 komponen
3. Jika memenuhi 3 komponen
4. Jika memenuhi 4 komponen.
|
1
|
Baru satu komponen yang terpenuhi
| ||
2.
|
Layanan Kesehatan dan Gizi
|
a. Kesehatan
|
1. layanan kesehatan umum
2. layanan kesehatan gigi
3. imunisasi dan vitamin
4. PHBS (Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat)
|
1. Jika memenuhi 1 komponen
2. Jika memenuhi 2 komponen
3. Jika memenuhi 3 komponen
4. Jika memenuhi 4 komponen.
|
4
|
Semua komponen sudah terpenuhi
|
b. Gizi
|
1. Bentuk Kegiatan: Makan bersama terjadual, Melibatkan orang tua murid, Masak Bersama anak.
2. Komposisi seimbang (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral)
3. keragaman jenis
4. pemilihan bahan yang segar
5. pengolahan bahan yang tepat
6. penyajian menu yang menarik anak.
|
1. Jika memenuhi 1 komponen
2. Jika memenuhi 2 komponen
3. Jika memenuhi 3 komponen
4. Jika memenuhi 4 komponen.
5. Jika memenuhi 5-6 komponen
|
5
|
Semua komponen sudah terpenuhi
| ||
3.
|
Etika Pendidik
|
a. Penampilan
|
1. Tidak berkuku panjang
2. Tidak memakai sepatu hak tinggi
3. Tidak menggunakan asesoris berlebihan
4. Berpakaian rapi dan sopan
|
1. Jika memenuhi 1 komponen
2. Jika memenuhi 2 komponen
3. Jika memenuhi 3 komponen
4. Jika memenuhi 4 komponen.
|
4
|
Semua komponen sudah terpenuhi
|
b. Sikap dan Perilaku
|
1. Bicara santun dan positif serta bersuara pelan namun jelas.
2. ekspresi dan bahasa tubuh yang sesuai.
3. Menjalin kerjasama dengan teman sejawat.
4. Berkomunikasi dengan orang tua murid sewajarnya.
5. Melaksanakan tugas sesuai dengan bidang tugasnya.
6. Senang menolong, sigap dan cepat tanggap.
7. Senang bermain dan mudah dekat dengan anak.
|
1. Jika memenuhi 1-2 komponen
2. Jika memenuhi 3 komponen
3. Jika memenuhi 4 komponen
4. Jika memenuhi 5 komponen.
5. Jika memenuhi 6-7 komponen
|
5
|
Semua komponen sudah terpenuhi
| ||
c. Pengelolaan Pembelajaran
|
1. Berlaku adil dan bijaksana pada semua anak.
2. Mengelola dan menggunakan media pembelajaran dengan baik.
3. Interaktif dalam menyampaikan tema kegiatan.
4. Dinamis dalam bekerja dan mengelola kelas.
5. Mengelola waktu dengan tepat dan sesuai kebutuhan.
6. Senantiasa mengingatkan anak tentang aturan main.
7. Memberi dukungan yang sesuai saat dibutuhkan anak.
8. Memahami cara menggunakan alat permainan edukatif dan media belajar lainnya.
9. Mengelola alat main dan mendokumentasikan/menginventarisasi dengan baik.
|
1. Jika memenuhi 1-2 komponen
2. Jika memenuhi 3-4 komponen
3. Jika memenuhi 5-6 komponen
4. Jika memenuhi 7 komponen.
5. Jika memenuhi 8 komponen
6. Jika memenuhi 9 komponen
|
2
|
Komponen 1-4 sudah dilaksanakan. Komponen 5-9 belum dilaksanakan
| ||
4.
|
Tindak Lanjut dan Konsistensi
|
1. Menggunakan hasil penilaian perkembangan sebagai dasar perencanaan selanjutnya.
2. Melakukan perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya.
3. Konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 25 hari.
|
1. Jika memenuhi 1 komponen.
2. Jika memenuhi 2 komponen.
3. Jika memenuhi 3 komponen.
|
3
|
Semua komponen sudah terpenuhi
|
Kriteria Penilaian
Kriteria
| |||||||
Nilai
|
>
|
33
|
Sangat Paham
| ||||
27,7
|
<
|
Nilai
|
≤
|
33
|
Paham
| ||
22,3
|
<
|
Nilai
|
≤
|
27,7
|
Cukup Paham
| ||
17
|
<
|
Nilai
|
≤
|
22,3
|
Kurang Paham
| ||
Nilai
|
≤
|
17
|
Tidak Paham
|
Lampiran 4
INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA
PENDIDIK PAUD
Nama : Nela Yati
Lembaga PAUD : TK Handayani
Alamat PAUD : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1 Nuar Maju
Jenis Diklat yang diikuti : Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Tgl Pelaksanaan Diklat : 16 Maret s.d. 26 Juli 2016
A. Petunjuk Umum
1. Instrumen ini diisi oleh Kepala Lembaga PAUD
2. Bacalah setiap unsur penilaian secara seksama sebelum memberikan penilaian
3. Berikan penilaian pada setiap butir unsur penilaian kinerja dengan menyilang (X) salah satu angka sesuai dengan petunjuk khusus
B. Petunjuk Khusus
1. 0% - 20% perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
2. 21% - 40% perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
3. 41% - 60% perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
4. 61% - 80% perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
5. 81% - 100% perilaku muncul dalam aktivitas sehari – hari
Skor Kinerja
Sebelum Pelatihan
|
Unsur Penilaian Kinerja
|
Skor Kinerja
Setelah Pelatihan
| ||||||||||||||||||||||
Kecakapan Pedagogis
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
a. Kemampuan menyusun rencana pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
b. Kemampuan dalam merancang media pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
c. Kemampuan dalam menata ligkungan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
d. Kemampuan dalam menetapkan metode pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
e. Kemampuan melaksanakan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
f. Kemampuan melaksanakan penilaian terhadap anak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
g. Kemampuan mengelola administrasi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
h. Kemampuan menangani anak bermasalah/berkebutuhan khusus
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
Kecakapan Kepribadian
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
i. Penghargaan terhadap peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
j. Perilaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
k. Jujur
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
l. Bertanggung jawab pada tugas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
m. Mandiri
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
Kecakapan Sosial
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
n. Kemampuan menjalin hubungan dengan teman sejawat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
o. Kemampuan menjalin hubungan dengan peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
p. Kemampuan menjalin hubungan dengan orangtua peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
q. Kemampuan menjalin hubungan dengan masyarakat
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
r. Kemampuan dalam mengambil keputusan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
s. Kemampuan memberi kesempatan kepada anak untuk berkreasi
|
t.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
t. Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain
|
u.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
u. Kerapian dalam berpenampilan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
Kecakapan Profesional
| ||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
v. Kemampuan menentukan tema pembelajaran yang sesuai dengan
perkembangan anak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
w. Kemampuan menentukan kegiatan belajar berdasarkan materi/tema pembelajaran
|
x.
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
x. Kemampuan menyusun laporan evaluasi perkembangan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||||||||||||||
JUMLAH SKOR
| ||||||||||||||||||||||||
Konversi Penghitungan Nilai :
| |||||||||||||||||
Nilai Akhir
|
=
|
Jumlah skor
|
x 100
| ||||||||||||||
120
| |||||||||||||||||
Pra diklat
|
=
|
……………
|
x 100
| ||||||||||||||
120
| |||||||||||||||||
=
|
…………….
|
Buay Bahuga, Agustus 2016
| |||||||||||||||
Kepala PAUD
| |||||||||||||||||
TK Handayani
| |||||||||||||||||
Paska Diklat
|
=
|
Jumlah skor
|
x 100
| ||||||||||||||
120
| |||||||||||||||||
=
|
……………
|
x 100
| |||||||||||||||
120
|
( Fery Soneri, S.H )
| ||||||||||||||||
=
|
…………….
| ||||||||||||||||
Lampiran 5
JADWAL KEGIATAN PELAKSANAAN TUGAS MANDIRI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR PTK PAUD
NO.
|
HARI/TANGGAL
|
KEGIATAN
|
1.
|
Selasa, 02 Agustus 2016
|
Memohon izin pada kepala sekolah untuk melaksanakan magang di Tk Handayani
|
2.
|
Rabu, 03 Agustus 2016
|
Mengantarkan surat permohonan
|
3.
|
Kamis, 04 Agustus 2016
|
Observasi sekolah
|
4.
|
Jumat, 05 Agustus 2016
|
Observasi proses pembelajaran
|
5.
|
Sabtu, 06 Agustus 2016
|
Diskusi dengan guru kelas dan pembuatan jadwal
|
6.
|
Minggu, 07 Agustus 2016
|
Pembuatan rencana kegiatan mingguan (RKM)
|
7.
|
Senin, 08 Agustus 2016
|
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk tiga hari kedepan
|
8.
|
Selasa, 09 Agustus 2016
|
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk dua hari kedepan
|
9.
|
Rabu, 10 Agustus 2016
|
Pembuatan rencana penilaian / evaluasi
|
10.
|
Kamis, 11 Agustus 2016
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang pertama
|
11.
|
Jumat, 12 Agustus 2016
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke dua
|
12.
|
Sabtu, 13 Agustus 2016
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke tiga
|
13.
|
Minggu, 14 Agustus 2016
|
Merapikan, dan mengevaluasi RKH tiga hari kemaren dengan teman sejawat
|
14.
|
Senin, 15 Agustus 2016
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke empat
|
15.
|
Selasa, 16 Agustus 2016
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan rencana kegiatan harian (RKH) yang ke lima
|
16.
|
Rabu, 17 Agustus 2016
|
Memulai penulisan BAB I dan BAB II untuk tugas mandiri
|
17.
|
Kamis, 18 Agustus 2016
|
Konsultasi BAB I dan BAB II dengan tutor pendamping
|
18.
|
Jumat, 19 Agustus 2016
|
Penulisan BAB III
|
19.
|
Sabtu, 20 Agustus 2016
|
Konsultasi BAB III dengan tutor pendamping
|
20.
|
Minggu, 21 Agustus 2016
|
Perbaikan atau merevisi BAB III
|
21.
|
Senin, 22 Agustus 2016
|
Penulisan BAB IV, BAB V dan lampiran
|
22.
|
Selasa, 23 Agustus 2016
|
Konsultasi BAB IV, BAB V dan lampiran
|
23.
|
Rabu, 24 Agustus 2016
|
Evaluasi menyeluruh dengan tutor pendamping
|
24.
|
Kamis, 25 Agustus 2016
|
Revisi lampiran
|
25.
|
Jumat, 26 Agustus 2016
|
Pengumpulan Tugas Mandiri
|
Mengetahui,
Pengelola/Kepala Paud TK Handayani Penyusun/Pendidik
Fery Soneri, S.H Nela Yati
Lampiran 6
BUKTI KEHADIRAN PESERTA
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
( minimal 90% )
Nama Peserta : Nela Yati
Lembaga : TK Handayani
Alamat : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju
Nama Pendamping : Catri Marintias, S.P
NO.
|
TANGGAL
|
MATERI
|
NARASUMBER
|
Paraf Panitia
|
1.
|
16 Maret 2016
|
sosialisasi
|
1. Gaya Atmaja
2. Indah Rahmawati, S.Pd. MM
3. Catri Marintias, S.P
4. Lisnur Islahiyah, S.Pd
5. Hairinsyah, S.Pd
| |
2.
|
25 Maret 2016
|
Pendaftaran online
|
1. Indah Rahmawati, S.Pd. MM
2. Catri Marintias, S.P
3. Lisnur Islahiyah, S.Pd
4. Hairinsyah, S.Pd
| |
3.
|
13 April 2016
|
1. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
2. Perkembangan
Anak
3. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
4.
|
21 April 2016
|
Kuis
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
5.
|
12 Mei 2016
|
1. Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain
2. Perawatan Gizi dan Kesehatan Anak Usia Dini
3. Perencanaan
kegiatan
pembelajaran
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
6.
|
18 Mei 2016
|
Kuis
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
7.
|
26 Mei 2016
|
1. Etika dan karakter pendidik PAUD
2. Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini
3. Komunikasi dalam pengasuhan
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
8.
|
02 Juni 2016
|
Kuis
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
9.
|
18 Juli 2016
|
Pelaksanaan Ujian E-Trening
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
| |
10.
|
27 Juli 2016
|
Pelaksanaan Ujian Ulang
|
1. Catri Marintias, S.P
2. Lisnur Islahiyah, S.Pd
3. Hairinsyah, S.Pd
|
Mengetahui,
Ketua Provider/Penyelenggara
( )
Lampiran 7
JURNAL HARIAN PESERTA
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Nama Peserta : Nela Yati
Lembaga : TK Handayani
Alamat : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju
NO
|
TANGGAL &
WAKTU
|
KEGIATAN
|
HASIL
|
Catatan Pendamping
|
Paraf
Pendamping
|
1.
|
02-8-2016
08.30
|
Memohon izin kepada kepala sekolah untuk melaksanakan magang di TK Handayani
|
Disetujui untuk melaksanakan magang
|
oke
| |
2.
|
03-8-2016
09.00
|
Mengantarkan surat permohonan ke TK Handayani
|
Diterima
|
oke
| |
3.
|
04-8-2016
08.30
|
Melakukan observasi sekolah di TK Handayani
|
Sudah dilakukan
|
Acc
| |
4.
|
05-8-2016
07.30
|
Melakukan observasi proses pembelajaran di TK Handayani
|
Sudah dilakukan dan sudah ada kemajuan
|
Lebih ditingkatkan lagi
| |
5.
|
06-8-2016
10.00
|
Diskusi dengan guru kelas dan guru pendamping sebelum pembuatan RKM dan RKH
|
Sudah dilaksanakan dan ada kerja sama
|
Tingkatkan kerja samanya
| |
6.
|
07-8-2016
07.30
|
Pembuatan rencana kegiatan mingguan (RKM)
|
Mulai dilaksanakan
|
Baik
| |
7.
|
08-8-2016
07.30
|
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk tiga hari kedepan
|
Ya, sudah berjalan dan dilaksanakan
|
oke
| |
8.
|
09-8-2016
07.30
|
Pembuatan rencana kegiatan harian (RKH) untuk dua hari kedepan
|
Ya, sudah berjalan dan dilaksanakan
|
Oke
| |
9.
|
10-8-2016
07.30
|
Pembuatan rencana penilaian / evaluasi
|
Sudah dilaksanakan
|
Ya, baik
| |
10.
|
11-8-2016
07.30 - 10.15
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang pertama
|
Iya, mulai baik
|
Tingkatkan lagi
| |
11.
|
12-8-2016
07.30 - 10.15
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke dua
|
Hasilnya lebih baik dan mulai mengerti
|
Oke
Bagus
| |
12.
|
13-8-2016
07.30 - 10.15
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke tiga
|
Sudah memahami dan dilaksanakan
|
Oke
bagus
| |
13.
|
14-8-2016
07.30 - 10.15
|
Merapikan, mengevaluasi RKH selama tiga hari kemaren dengan teman sejawat
|
Sudah dilaksanakan dan teman sejawat, sudah mulai memahami
|
Ya,
Lebih ditingkatkan lagi kerja samanya
| |
14.
|
15-8-2016
07.30 - 10.15
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke empat
|
Sudah lebih baik lagi
|
Bagus
| |
15.
|
16-8-2016
07.30 - 10.15
|
Pembelajaran dikelas dengan menggunakan RKH yang ke lima
|
Sudah
Baik
|
Bagus
| |
16.
|
17-8-2016
07.30 - 10.15
|
Memulai penulisan BAB I dan BAB II untuk tugas mandiri
|
Baik sekali
|
Oke
| |
17.
|
18-8-2016
07.30
|
Konsultasi BAB I dan BAB II dengan tutor pendamping
|
Sudah selesai
|
Oke
| |
18.
|
19-8-2016
07.30
|
Penulisan BAB III
|
Sudah di ACC
|
Baik
| |
19.
|
20-8-2016
07.30
|
Konsultasi BAB III dengan tutor pendamping
|
Sudah dilakukan
|
Oke
| |
20.
|
21-8-2016
07.30
|
Perbaikan atau merevisi BAB III
|
Sudah di ACC
|
Baik
| |
21.
|
22-8-2016
07.30
|
Penulisan BAB IV, BAB V dan lampiran
|
Sudah selesai
|
Baik
| |
22.
|
23-8-2016
07.30
|
Konsultasi BAB IV, BAB V dan lampiran
|
Sudah dilaksanakan
|
Oke
| |
23.
|
24-8-2016
07.30
|
Evaluasi menyeluruh dengan tutor pendamping
|
Sudah dilaksanakan dengan baik
|
bagus
| |
24.
|
25-8-2016
07.30
|
Penyusunan Tugas mandiri
|
Sudah selesai
|
Bagus
| |
25.
|
26-8-2016
07.30
|
Pengumpulan Tugas Mandiri
|
Sudah
|
Bagus
|
Nuar Maju, 27 Agustus 2016
Peserta
Nela Yati
Instrumen 11
LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN KESEHATAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: Tk Handayani
Aspek yang dilaporkan
( contoh )
|
Pelaksana
|
dokumen pendukung (foto)
|
Program Kesehatan Umum
|
Penimbangan berat badan anak, dilaksanakan setiap bulan berbarengan dengan posyandu kampung.
| |
Pemberian Imunisasi dan Vitamin
|
Pemberian vitamin A dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.
| |
Prilaku hidup bersih dan Sehat ( PHBS )
|
Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, yang dilaksanakan setiap hari.
Memotong kuku setiap satu minggu sekali.
|
Mengetahui
Pengelola/Kepala TK Handayani Pendidik/Pengasuh
Fery Soneri, S.H Nela Yati
Lampiran 12
LAPORAN PELAKSANAAN LAYANAN PEMENUHAN GIZI
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: TK Handayani
Aspek yang Dilaporkan
|
Peran Pendidik/Pengasuh
|
dokumen pendukung (foto)
|
Pelaksanaan Program Makan Bersama
( Ragam Menu, Penyajian )
|
Memotivasi anak untuk suka makan sayuran
|
Mengetahui
Pengelola/Kepala Tk Handayani Pendidik/Pengasuh
Fery Soneri, S.H Nela Yati
Lampiran 13
LAPORAN PELAKSANAAN
LAYANAN PENGASUHAN DAN PERAWATAN
DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR
Jenis Layanan : TK (Taman Kanak-Kanak)
Kelompok Usia : 4-5 Tahun
Nama Lembaga: TK HANDAYANI
Aspek yang Dilaporkan
|
Peran Pendidik/Pengasuh
|
dokumen pendukung (foto)
|
- Pogram pengasuhan dan perawatan kebersihan
( membantu anak cuci tangan, memandikan, sikat gigi, toilet training)
|
Mengajarkan kepada anak untuk hidup bersih. Mis: mencuci tangan sebelum makan, dan memotong kuku.
| |
- Program Pelaksanaan Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan/ mengecek kartu KMS
|
Guru sebagai pelaksana pengukuran berat badan dan tinggi badan anak yang dilakukan satu bulan sekali
|
Mengetahui
Pengelola/Kepala TK Handayani Pendidik/Pengasuh
Fery Soneri, S.H Nela Yati
Lampiran 14
SURAT KETERANGAN TELAH MENGIKUTI DIKLAT
Nomor:..............................
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Catri Marintias, S.P
Jabatan : Sekertaris Himpaudi
Alamat : Way Kanan
Menyatakan bahwa:
Nama ( Peserta ) : Nela Yati
Lembaga PAUD : TK Handayani
Alamat : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1
Pada saat dikeluarkan surat keterangan ini, yang bersangkutan adalah benar telah mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang berlangsung dari tanggal 16 Maret s/d 26 Juli 2016 di Kota/Kabupaten/Propinsi. Surat keterangan ini dipergunakan sebagai bukti kelengkapan bahwa yang persangkutan telah menyelesaikan Kegiatan tatap muka pada Diklat Tatap muka Diklat berjenjang tingkat dasar.
Demikian agar dapat digunakan sebagaimana mestinya. Blambangan Umpu, 26 Juli 2016
Ketua Provider Ketua Panitia
Panitia
------------------------------ Catri Marintias, S.P
Lampiran 15
Surat Pengantar Tugas Mandiri
Diklat Berjenjang Tingkat Dasar
Blambangan Umpu, 01 Agustus 2016
Nomor : .......................................
Sifat : Penting.
Lampiran : -
Perihal : Surat Pengantar Pelaksanaan
Tugas Mandiri
Kepada :
Yth. Kepala Paud TK Handayani
Bpk. Fery Soneri, S.H
Dikirim dengan hormat berkas surat keterangan bahwa peserta telah mengikuti kegiatan pembelajaran dalam diklat berjenjang tingkat dasar selama 48 jam pelajaran (melalui Program E-Training) yang diselenggarakan oleh PP-PAUDNI Regional II Semarang. Peserta diklat segera akan melaksanakan Kegiatan Tugas Mandiri di Lembaga yang Bapak/Ibu Pimpin, atas nama :
Nama ( Peserta ) : Nela Yati
Lembaga PAUD : TK Handayani
Alamat : Jl. Pangeran Sugih Ratu No.1, Nuar Maju
Demikian surat pengantar disampaikan untuk mendapatkan penyelesaian lebih lanjut.
Mengetahui Petugas Lapangan
Catri Marintias, S.P
Lampiran 16
STANDAR KOMPETENSI PENGASUH PAUD
( PERMENDIKNAS NO. 58 TAHUN 2009 )
KOMPETENSI (3)
|
INDIKATOR (14)
|
1. Memahami dasar-dasar pengasuhan.
2. Terampil melaksanakan pengasuhan.
3. Bersikap dan berperilaku sesuai
Dengan kebutuhan psikologis anak
|
4 INDIKATOR
4 INDIKATOR
6 INDIKATOR
|
KOMPETENSI PENGASUH
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami dasar-dasar pengasuhan.
|
1.1. Memahami peran pengasuhan terhadap
perrtumbuhan dan perkembangan anak.
1.2. Memahami pola makan dan kebutuhan gizi
Masing - masing anak.
1.3. Memahami layanan dasar kesehatan dan
Kebersihan anak.
1.4. Memahami tugas dan kewenangan dalam
Membantu guru dan guru pendamping.
|
2.
|
Terampil melaksanakan pengasuhan.
|
2.1. Terampil dalam melakukan perawatan
Kebersihan anak.
2.2. Terampil bermain dan berkomunikasi secara
Verbal dan non verbal dengan anak.
2.3. Mengenali dan mengatasi ketidaknyamanan
anak.
2.4. Terampil merawat kebersihan fasilitas
bermain anak.
|
3.
|
Bersikap dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan psikologis anak
|
3.1. Menyayangi anak secara tulus.
3.2. Berperilaku sabar, tenang, ceria, penuh
perhatian, serta melindungi anak.
3.3. Memiliki kepekaan dan humoris dalam
menyikapi perilaku anak.
3.4. Menampilkan diri sebagai pribadi yang
dewasa, arif, dan bertanggung jawab.
3.5. Berpenampilan rapi, bersih, dan sehat.
3.6. Berperilaku santun, menghargai, dan
hormat Kepada orang tua anak.
|
No comments:
Post a Comment